Barang ataupun produk merupakan hal yang dapat
menunjang diri kita untuk beraktivitas, baik barang atau produk tersebut berupa
pangan atau non pangan. Tanpa disadari di lingkungan kita ada beberapa jenis
produk yang memiliki kesamaan baik berupa fungsi, penamaan nama merk dan
lain-lain dengan bertujuan agar barang-barang tersebut dapat mengikuti jejak
keuntungan yang sama dari hasil barang yang ditirunya. Berikut adalah nama-nama
barang yang sama merk ataupun fungsinya memiliki kesamaan ataupun kemiripan.
1. Tas Adidas
diikuti oleh tas yang bermerk Adibas
2. Motor Honda dengan nama Supra-X diikuti merk motor China dengan hampir sama namanya yaitu Super-X3. Stick untuk PS bermerk SONY diikuti dengan merk lain yaitu FONY
4. Deodorant
merk Rexona diikuti merknya oleh Roxona
5. Brand logo
bertemakan Sport Puma diikuti dengan nama logo Fuma
6.
Keluaran Mobil Suzuki dengan nama APV
diikuti juga Keluaran Mobil Mitsubishi dengan nama Maven, entah ini ajang kerja
sama atau tidak tetapi memiliki fungsi dan bentuk mobil yang sama.
7. Celana Jeans
Lee diikuti juga merek lain dengan nama LGG
8.
Frying pan dari Korea bernama Happy Call
diikuti dengan frying pan dengan nama Happy Cook
9. Handphone keluaran Nokia N73 diikuti oleh
handphone merek POA dengan jenis yang sama yaitu N73
10. Jenis
makanan ringan biskuit oreo diikuti oleh merek lain dengan nama Borio
11. Terakhir adalah
logo dan merek mobil Mazda di Jepang diikuti oleh Negara Cina dengan nama Hazma
Kesamaan dan kemiripan produk atau
logo baik dari segi fungsi, nama dan kata-kata dari setiap produk diatas dapat
diketahui bahwa keluaran produk-produk yang pertama kali memiliki unsur daya jual yang tinggi, sehingga merek atau
logo-logo yang sama ingin mengikuti produk yang sudah ada dengan nengikuti
nama,fungsi yang sama dengan maksud agar memiliki kesamaan dan keuntungan yang
sama dengan harga jual yang tidak terlalu tinggi. Tidak seharusnya pihak
perusahaan mengikuti merk dan brand yang sudah ada sebelumnya dipasaran,walaupun
memiliki fungsi yang sama tetapi perusahaan tersebut harusnya menciptakan
inovasi terbaru agar terjadinya persaingan secara sehat tanpa adanya kesamaan
merk dan tanpa adanya plagiarism.
Referensi sumber:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10368026
Tidak ada komentar:
Posting Komentar