Minggu, 28 Oktober 2012

ISD II (Nasional)


Keberhasilan Program Transmigrasi di Pulau Kalimantan
Transmigrasi merupakan salah satu contoh permasalahan sosial yang ada pada dalam negeri ini dengan mencangkup daerah nasional seperti transmigrasi ke daerah Kalimantan Barat. Sebelumnya transmigrasi memiliki arti, tujuan, jenis-jenis transmigrasi dll seperti dibawah ini:
A.        Arti, Definisi dan Pengertian Program Transmigrasi
Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduknya ke area wilayah pulau lain yang penduduknya masih sedikit atau belum ada penduduknya sama sekali.
Transmigrasi di Indonesia biasanya diatur dan didanai oleh pemerintah kepada warga yang umumnya golongan menengah ke bawah. Sesampainya di tempat transmigrasi para transmigran akan diberikan sebidang tanah, rumah sederhana dan perangkat lain untuk penunjang hidup di lokasi tempat tinggal yang baru.
B. Tujuan Diadakan Transmigrasi
1. Untuk meratakan persebaran penduduk di seluruh wilayah nusantara
2. Untuk pertahanan dan keamanan / hankam lokal nasional
3. Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memberikan kesempatan merubah nasib.
C. Jenis-jenis / Macam-macam Transmigrasi
1. Transmigrasi Umum
    Transmigrasi umum adalah program transmigrasi yang disponsori dan dibaiayai secara keseluruhan oleh pihak pemerintah melalui depnakertrans (departemen tenaga kerja dan transmigrasi).
2. Transmigrasi Spontan / Swakarsa
    Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah padat ke pulau baru sepi penduduk yang didorong oleh keinginan diri sendiri namun masih mendapatkan bimbingan serta fasilitas penunjang dari pemerintah.
3. Transmigrasi Bedol Desa
     Transmigrasi bedol desa adalah transmigrasi yang dilakukan secara masal dan kolektif terhadap satu atau beberapa desa beserta aparatur desanya pindah ke pulau yang jarang penduduk. Biasanya transmigrasi bedol desa terjadi karena bencana alam yang merusak desa tempat asalnya.
Hasil dari transmigrasi di daerah Kalimatan Barat, Pontianak didapatkan bahwa hasil dari program pemerintah dibidang sosial dapat mendongkraknya perekonomian di sejumlah wilayah Kalimantan Timur. Berikut adalah ulasan dari terciptanya program transmigrasi:
PONTIANAK, KOMPAS.com - Program transmigrasi berhasil mendongkrak perekonomian di sejumlah wilayah Kalimantan Barat. Permukiman transmigrasi terus tumbuh menjadi pusat perekonomian baru.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Barat, Jakuri Suni, Rabu (4/4/2012), di Pontianak, mengatakan, dari evaluasi sementara, hampir semua kawasan transmigrasi di Kalbar mengalami kemajuan.
"Pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru itu, terbentuk karena permukiman transmigrasi terintegrasi dengan kawasan produksi," kata Jakuri.
Penempatan transmigran di Kalbar setidaknya sudah dimulai sekitar tahun 1954 di wilayah Rasau, Kabupaten Kubu Raya (dulu masih Kabupaten Pontianak). Beberapa daerah lain seperti Sanggau, Sintang, Sambas, dan Ketapang juga mendapatkan program itu, dan berhasil mendorong perubahan perekonomian, terutama kelompok petani di Kalbar.
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Minggu dan Senin (2/4/2012), kemarin secara khusus melakukan evaluasi program transmigrasi di Kalbar. Sebagai salah satu penerima program transmigrasi, Kalbar mendapat perhatian terutama mengenai infrastruktur.
"Tahun 2013, jumlah penempatan akan dikurangi. Anggarannya akan dikompensasikan, untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di kawasan permukiman transmigrasi yang sudah ada," ujar Muhaimin.
Muhaimin juga memastikan, penempatan transmigran di kawasan perbatasan Kalbar, juga merupakan solusi yang efektif untuk membuka isolasi.
"Permukiman transmigrasi selalu berhasil membuka isolasi suatu kawasan, karena terintegrasi dengan pembangunan infrastruktur dasar. Jika itu diimplementasikan di perbatasan, keterisolasian kawasan perbatasan bisa lebih cepat diatasi," ujar Muhaimin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar